Manfaat Menakjubkan Kacang Macadamia

Infarm
19 July 2024
.
Manfaat Menakjubkan Kacang Macadamia
624
.

Apakah sobat infarm pernah makan kacang macadamia? Pada umumnya orang mengenal hanya sebatas kacang tanah, kacang mete atau kacang almond. Namun ketika mendengar nama kacang makadamia, sebagian orang belum mengenalnya, padahal selain rasanya yang enak,  harganya juga jauh lebih mahal, bahkan terkenal dengan sebutan kacang termahal.

Kacang makadamia mampu beradaptasi pada lahan dengan ketersediaan unsur hara rendah, suhu tinggi, kelembaban rendah, dan intensitas cahaya tinggi. Pohon ini juga tidak memerlukan perawatan intensif, tidak banyak gugur daun, tahan kebakaran. Habitat tanaman Makadamia cocok pada daerah dengan ketinggan lebih dari 1000 m diatas permukaan laut.

Secara umum kacang macadamia mempunyai warna coklat. Permukaannya licin, dan mempunyai ukuran seperti buah kelengkeng. Tetapi hal yeng membedakan adalah kacang macadamia mempunyai tempurung keras untuk melindungi buahnya.

Baca Juga: Katanya Beracun, Buah Majapahit Menyimpan Sejuta Manfaat

Kandungan Kacang Macadamia

Bukan hanya harganya saja yang tinggi, tetapi kandungan nutrisinya pun juga tinggi. Ada berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang macadamia, seperti kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, kalsium, magnesium, hingga antioksidan yang tinggi.

Sama seperti kacang lainnya, kacang macadamia mempunyai kandungan nutris yang melimpah. Kacang ini dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit pada manusia. Menurut U.S Department of Agriculture kandungan yang terdapat dalam kacang macadamia kering tanpa garam dalam 28 gr, yaitu:

  • Kalori: 204
  • Lemak: 21,6 gr
  • Natrium: 1,13 mgKarbohidrat: 3,8 gr
  • Serat: 2,3 gr
  • Gula: 1,2 gr
  • Protein: 2,2 gr

Selain itu, kacang macadamia juga mengandung protein, mangan, thiamin, dan tembaga untuk kebutuhan harian tubuh

Manfaat Kacang Macadamia

Kacang macadamia memiliki kandungan nutris lebih tinggi daipada kacang mete ataupun Kacang almond. Banyaknya kandungan nutrisi tersebut, kalian ga perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi kacang ini. Minfarm bakal kasih tau nih manfaat menakjubkan kacang macadamia:

Baca Juga: Catat !! Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

1. Sebagai Antioksidan
Kacang macadamia banyak mengandung senyawa antioksida yang sangat berguna untuk kesehatan. Senyawa tersebut adalah flavonoid, yang bermanfaat untuk mengatasi peradanagan dan menurunkan kolesterol. Perlu kamu tau, bahwa kacang macadamia merupakan salah satu jenis kacang yang mengandung senyawa flavonoid tertinggi.
 
2. Melembabkan Kulit
Kacang macadamia memiliki kandungan asam linoleate yang berfungsi untuk mencegah kult menjadi kering. Jika mengkonsumsi secara rutin dan teratur maka kesehatan kulit akan lebih terjaga. Tetapi harus diseimbangkan dengan kenutuhan minelar agar nutrusi dalam kacang macadamia bisa terserap secara baik.
 
3. Menjaga Kadar Gula Darah
Mengkonsumsi kacang macadamia mampu menjaga kadar gula dara dalam tubuh, sehingga mampu menurunkan resiko serangan diabetes. Hal ini karena kacang macadamia mengandung serat, lemak jenuh, dan nutrisi lainnya yang berguna untuk pengidap diabetes.
 
4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Kacang macadamia mampu menurunkan berat badan walaupun kaya akan kalori. Hal ini karena mengandung serat dan protein yang tinggi, karena kedua kandungan tersebut dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Kacang ini juga mengandung omega-7 yang lumayang tinggi, ini dipercaya dapat mennurunkan berat badan.
 
5. Merawat kesehatan otak
Kacang macadami mengandung asam loteat yang merupakan salah satu lemak tak jenuh tunggal untuk melindungi otak dari stress oksidatif. Selain itu kandungan suplemen tokotrienol yang mampu melindungi sel-sel otak untuk menghindari dari penyakit Parkinson.

Artikel Trending