Subur dan Berbuah Lebat Tanam Strawberry di Daerah Panas

Infarm
06 February 2023
.
Subur dan Berbuah Lebat Tanam Strawberry di Daerah Panas
745
.

Apakah kalian tau kalau strawberry itu bisa tumbuh di daerah panas? Tapi apakah kalian tau cara agar buahnya tumbuh lebat?

Barangkali inilah mengapa kalian sangat tertarik untuk melakukan penanaman strawberry pada area dataran rendah. Nah langkah-langkahnya apa aja sih dalam penanamannya? Sebelum masuk hal itu kita perlu tau karakter tanaman strawberry itu sendiri.

Karakter Tanaman Strawbery

Strawbery termasuk salah satu buah subtropis yang banyak diminati oleh masyarakat. Pada umumnya tanaman strawberry membutuhkan suhu dingin dalam proses pertumbuhan, suhu tersebut berkisar 10 – 20˚ C. lingkungan yang cocok untuk tumbuh tanaman ini biasanya pada ketinggian 1.000 – 2.000 mdpl.

Namun, semakin maraknya hobi berkebun, banyak masyarakat yang bereksperimen dalam menanam. Salah satunya yaitu menanam strawberry pada daerah panas.

Mungkin banyak yang belum tau, bahwa menanam strawberry sekarang tidak harus pada suhu dingin. Penggunaan tata cara dan media yang benar, bisa menjadikan buah strawberymu tumbuh subur lhoo.

Sobat Infarm yang suka buah ini jangan bingung lagi, sekarang bisa menanam strawberry dimana saja tanpa khawatir iklim. Nah, ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi sudut kosong di rumah, agar menjadi cantik dengan adanya gerombolan buah strawberry.

Baca Juga: Langkah Praktis Menanam Buah Naga di Rumah

Tahapan Tanam Strawbery

Untuk kalian yang mau tanam strawberry di daerah panas perlu memperhatikan tahapan yang sesuai agar tanaman strabwberymu bisa tumbuh subur. Minfarm kasih trik tahapan biar tanaman strawberry bisa tumbuh subur di daerah panas, yuk simak:

1. Persiapan Bibit

Sebenarnya proses pembibitan bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dapat melalui benih, stolon, dan tunas anakan.

Pada kali ini Minfarm bakal jelasin melalui teknik tunas anakan. Tunas anakan dapat diperoleh dari tanaman strawberry yang sudah ada. Caranya yaitu cukup ambil tunas anakan beserta akarnya dalam satu rumpun tanaman. Cuci terlebih dahulu agar mudah mengidentifikasi, kemudian ambil tunas anakan sesuai kebutuhan kalian.

2. Persiapan media Tanam

Tanaman strawberry membutuhkan media tanah yang gembur dan kaya dengan unsur organik. Selain itu tanaman ini suka dengan kondisi media yang berpori banyak karena dapat menyerap air secara tinggi.

Baca Juga: Media Tanam Organik yang Bisa Buat Tanaman Kamu Subur Maksimal

Komposisi media tanam yang bagus untuk strawberry adalah dengan campuran tanah gembur ditambah pupuk kandang, dengan rasio 1:1 saja. Setelah media siap, bisa dimasukkan dalam wadah polybag atau pot.

3. Penanaman

Penanaman strawberry pada daerah tropis hampir sama pada umumnya. Jika bibit dan media tanam telah siap, masukkan ke dalam satu wadah polybag atau pot.

Langkah pembeda dalam penanaman ini adalah dengan menaburkan “Garam Inggris” di sekitar pangkal bawah tanaman, tetapi jangan terlalu dekat supaya tidak mengalami lapuk pada batang. Dosis penggunaan yaitu cukup setengah sendok the untuk satu tanaman.

Garam inggris mempunyai kandungan MgSO4 yang berfungsi dalam pertumbuhan tanaman, membantu adaptasi, hingga mempercepat proses permbuahan. Penggunaan ini tidak memiliki efek samping dan cocok untuk penanamn di daerah panas, namun jika terlalu banyak bisa mengakibatkan busuk batang.

4. Perawatan Tanaman

Proses penting dalam perawatan adalah adaptasi tanamn strawberry. Simpan tanaman strawberry pada tempat yang teduh, hindari dari pancaran sinar matahari secara langsung agar dapat tumbuh maksimal.

Saat tahap perawatan, pastikan tanaman disiram dengan air secara cukup dan tidak berlebihan hingga becek. Sifat tanaman strawbery tidak suka media yang sangat basah, karena dapat mempengaruhi proses pertumbuhan bahkan menyebabkan tanaman mati.

Setelah Minfarm kasih resepnya, nanem strawberry di dataran rendah mudah bukan. Jadi bisa nikmatin buah tiap hari, tanpa ribet beli.

Baca Juga