Kapan Waktu Terbaik Menyiram Tanaman Sayuran, Pagi atau Sore?

Infarm
14 June 2024
.
Kapan Waktu Terbaik Menyiram Tanaman Sayuran, Pagi atau Sore?
1053
.

Menyiram tanaman sayuran merupakan salah satu perawatan penting untuk memastikan hasil panen yang optimal. Namun, saat cuaca panas perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk menyiramnya.

Baca Juga: Hindari Menanam 6 Tumbuhan Ini di Dekat Tomat, Bikin Gagal Berbuah

Waktu Terbaik Menyiram Tanaman Sayuran

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa menyiram tanaman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. Akan tetapi, penyiraman pada pagi hari justru waktu yang paling terbaik, ini akan menjaga tanaman sayuran tetap hidup dan tangguh saat mereka tumbuh.

Tanaman sayuran mempunyai tingkat pertumbuhan yang berbeda-beda, tergantung pada beberapa aspek, seperti sinar matahari, air, dan nutrisi yang diterima selama pertumbuhannya. Media tanam yang subur dan mampu menyerap air dengan baik juga menjadi kunci untuk tanaman sayuran yang sehat.  

Beberapa tanaman sayuran membutuhkan lebih banyak air di awal siklus pertumbuhannya, sementara yang lain lebih suka lebih banyak air menjelang panen. Akan tetapi, satu hal yang perlu diperatikan untuk menyiram tanaman sayuran adalah perlu melakukannya secara konsisten dan sering.

Namun, Kelebihan air saat penyiraman juga berdampak buruk pada tanaman. Maka dari itu, perlu mengetahui suplai air yang harus diberikan pada tiap jenis tanaman. Beberapa tanaman sayuran dan buah-buahan seperti tomat dan melon memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga diperlukan air yang cukup untuk siklus pertumbuhannya.

Beberapa sayuran lain mungkin membutuhkan lebih sedikit air. Menyiram tanaman sayuran dengan benar akan membantu sayuran menjadi lebih besar, lebih segar, dan lebih enak, dan membantu tetap kuat saat cuaca panas.

Baca Juga: 6 Hal yang Wajib diperhatikan Saat Menanam Sayuran di Rumah

Mengapa Pagi Hari Menjadi Waktu Terbaik Menyiram Tanaman?

Pagi hari menjadi waktu terbaik untuk menyiram tanaman, hal ini karena bisa memberi waktu embun untuk menguap dari daun sebelum malam. Suhu pada pagi hari juga lebih sejuk untuk memberikan waktu pertumbuhannya

Penyiraman pagi hari juga merupakan suatu pilihan tepat selama cuaca panas. Jika tanaman terlihat layu, dosis awal air akan membantu tanaman menahan panas disiang hari. Namun, jika kalian tidak bisa menyiram saat pagi hari, bisa mencoba menyiram di malam hari tapi jangan terlalu sering.

Pastikan tidak menyiram saat siang hari, karena air akan lebih cepat menguap. Pada hari yang panas, suhu dan kelembapannya bisa menyebabkan tanaman semakin layu atau stress.
Sirami akar tanaman untuk membantu mencegah jamur atau pembusukan. Ini terutama berlaku untuk tanaman tomat, labu, melon, dan cabai.

Apakah Wajib Menyiram Dua Kali Dalam Sehari

Jika cuaca sedang panas selam beberapa hari, kalian tidak perlu menyiram sayuran lebih dari sekali dalam sehari. Beri jeda media tanam untuk sedikit mongering diantara penyiraman untuk membuatnya lebih tahan terhadap jamur atau masalah lainnya.

Kelebihan air sama – sama berdampak buruk dengan tidak menyediakan air yang cukup. Untuk menguji apakah apakah tanaman membutuhkan air bisa dengan mengambil segenggam tanah. Jika menempel, berarti kelembapannya masih cukup untuk saat ini. Namun, jika tanah mudah hancur dan terasa kering atau berdebu, maka segera lakukan penyiraman.

Untuk memperkaya media tanahnya, bisa memberikan nutrisi agar kualitas media tanam meningkat dan drainasenya menjadi lebih baik. Drainase yang baik berarti tanah tidak menahan terlalu banyak kelembapan, tetapi juga tidak terlalu cepat mongering.

Dapatkan update artikel pilhan dan sharing tanaman setiap hari dari Infarm.id. Mari bergabung di Grup Komunitas Telegram “Berkebun Bersama Infarm”, caranya klik link https://t.me/berkebunbersamainfarm, kemudian join. Anda harus install aplikasi telegram terlebih dahulu di ponsel

Artikel Trending