Ciplukan, Si Mungil Kaya Manfaat

Infarm
19 July 2024
.
Ciplukan, Si Mungil Kaya Manfaat
680
.

Apakah sobat infarm pernah mendengar tentang buah ciplukan?. Tanaman Ciplukan. adalah spesies dari Solanaceae, memiliki buah yang dapat dimakan di beberapa negara wilayah tropis dan subtropis sebagai pohon obat dan buah.

Buah ini punya rasa yang manis, tapi sedikit masam. Daging buahnya memiliki tekstur lembut menyerupai buah tomat dan bulirnya berair. Ciri khas buah ini yaitu memiliki lapisan seperti kelopak bunga yang membungkusi bagian buahnya. Kelopak buah tersebut menggelmbung melindungi buah dan ketika matang buah akan berwarna kuning.

Tanaman ciplukan dapat tumbuh pada dataran rendah, bahkan bisa tumbuh hingga ketinggian 1.500 Mdpl. Tanaman ini biasa tumbuh secara alami pada semak-semak dekat dengan pemukiman hingga terdapat di hutan-hutan. Sobat infarm bisa menanam ini pada lahan kering, dan akan tumbuh subur dibawah sinar matahari.

Kandungan Buah Ciplukan

Ciplukan (Physalis angulata L.) merupakan tanaman yang mengandung asam sitrat, Physalin terpen/ sterol, saponin, flavonoid dan alkaloid. Flavonoid, alkaloid dan terpenoid adalah molekul semipolar yang dapat difraksinasi dengan kloroform dari ekstrak etanol 70%.

Kandungan senyawa lain dari herba Physalis angulata L. yaitu monoterpenoid, triterpenoid, seskuiterpenoid, dan fisalin. Fisalin dapat meningkatkan enzim Superoksidase Dismutase (SOD) dan catalase yaitu sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan organ.

Biasanya buah ini sering dibuat mainan oleh anak-anak. Tapi siapa sangka, walaupun buahnya mungil mengandung kaya akna manfaat. Memang buah ciplukan sudah digunakan sebagai obat herbal tradisonal sejak jaman dahulu.

Baca Juga: Manfaat Khas Temulawak, Tanaman Asli Indonesia

Manfaat Buah Ciplukan

Tanaman ciplukan memiliki buah yang dapat dimakan di beberapa negara wilayah tropis dan subtropis di dunia sebagai pohon obat dan buah. Kandungan positifnya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut minfarm rangkum manfaat buah ciplukan yang jarang diketahui:

Baca juga: Mahkota Dewa, Si Buah Kaya Manfaat

1. Menjaga Imunitas Tubuh
Buah ciplukan dapat membantu sistem imunitas tubuh manusia. Adanya kandungan vitamin c dalam buah ciplukan memberikan manfaat besar terhadap kesehatan. Mengkonsumsi segelas buah ciplukan dapat memenuhi 50% kebutuhan vitamin c dalam sehari. Vitamin c dalam ciplukan mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
 
2. Menjaga Kesehatan Tulang
Buah ciplukan mengandung banyak vitamin K, kandungan tersebut berperan penting dalam  menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi buah ciplukan dapat memenuhi kebutuhan kalsium agar tulang tetap tetap terjaga kuat dan menurunkan resiko terjadinya patah tulang.
 
3. Menurunkan Kadar Kolesterol
Penyakit hipertensi atau serang jantung seringkali disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol.  Bagi yang mengidap kolesterol tinggi perlu untuk olahraga rutin serta mengkonsumsi makanan sehat.. mengkonsumsi buah ciplukan juga mampu menurunkan kadar kolesterol, karena mengandung asam oleat dan linoleate.
 
4. Melancarkan Pencernaan
Buah ciplukan terdaoat serat yang tinggi, karena mengandung pectin didalamnya. Serat tersebut mampu melancarkan system pencernaan seseorang. Dengan mengkonsumsi buah ciplukan maka akan mudah terhindar dari rasa sembelit atau susah BAB.
 
5. Meningkatkan Kesehatan Mata
Buah ciplukan sangat cocok untuk meningkatkan kesehatan mata. Kandungan karetonoid yang tinggi bisa mencegah stress oksidatif serta mencegah terjaidnya katarak atau penykit mata lainnya.

Artikel Trending