Pentingnya Unsur Hara Bagi Tanaman

Infarm
19 July 2024
.
Pentingnya Unsur Hara Bagi Tanaman
1231
.

Seperti makhluk hidup pada umumnya, tanaman juga memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berproduksi dengan optimal.

Berbeda dengan mahluk lainnya, tanaman dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui unsur-unsur sederhana yang disebut hara.

Pada dasarnya unsur-unsur hara sudah tersedia secara gratis pada alam (udara, tanah, air), namun ketersedian unsur hara tersebut masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, pemberian nutrisi atau unsur hara perlu dilakukan secara intensif. Pemberian nutrisi oleh manusia disebut dengan pemupukan.

Secara umum, tanaman membutuhkan 2 jenis unsur yang mutlak untuk diberikan. Kita mengenal 2 jenis unsur hara dengan unsur hara makro dan mikro. Unsur makro terdiri dari N, P, K, S, Ca, dan Mg. sedangkan unsur mikro terdiri dari Fe, B, Mn, Cu, Zn, Mo, dan Cl.

Sobat Infarm perlu mengatuhi jenis-jenis nutrisi atau unsur hara bagi tanaman. Hal ini berguna untuk melakukan pemupukan secara tepat. Kelebihan unsur hara atau kekurangan unsur hara berpotensi menganggu pertumbuhan tanaman.

Baca Juga: Seberapa Penting NPK Dalam Kehidupan Tanaman?

Unsur Hara Makro

Unsur hara makro adalah unsur yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar. Unsur hara makro antara lain:

1. Nitrogen (N)
Unsur Nitrogen ini paling banyak dibutuhkan tanaman. Unsur ini dapat mempercepat proses pertumbuhan tanaman, hingga membuat daun tanaman kalian lebih hijau. Tetapi kalau kekurangan unsur ini tanaman dapat berwarna pucat karena keurangan klorofil, tanaman juga  menjadi kerdil dan proses pembuangaan atau pembuahan akan terhambat
 
2. Fosfor (P)
Ketersedian unsur P sangat penting untuk menyimpan dan menyalurkan energi dalam seluruh kegiatan metabolism tanaman. Fosfo berguna untuk merangsang pertumbuhan akar dan mempercepat pembungaan. Namun, kalau sapai kekurangan unsur ini bisa mengakibatkan pertumbuhan daun kecil dan mmudah rontok
 
3. Kalium (K)
Kalium memiliki peran aktif dalam proses fisoologi tanaman. Mengatur peredaran air pada jaringan dan sel, serta sebagai daya tahan agar tidak mudah terserang hama dan penyakit. Kekurangan unsur K dapat mengakibatkan bunga dan buah rontok dan daun hanguss seperti terbakar.
 
4. Sulfur atau Belerang (S)
Unsur sulfur berperan menajadi kompone penyusun protein dan vitamin bagi tanaman. Unsur ini dapat melenturkan batang, hingga tulang daun agar tidak mudah retak atau pecah. Jika kurangan unsur (S) menghambat perkembangan pucuk tunas dan akar sulit untuk memanjang
 
5. Kalsium (Ca)
Peran kalsium sangat penting dalam pertumbuhan sel tanaman. Ketersediaan kalsium membuat tumbuhan akan kokoh dan tidak mudah rontok. Unsur kalsium juga bisa menahan serangan hama dan penyaki. Tetapi jika terlalu banyak mengakibatkan tubuh tanaman kaku atau mengeras.
 
6. Magnesium (Mg)
Unsur magnesium dapat berperan dalam penyaluran beberapa enzim pada tumbuhan. Keberadaan unsur ini lebih sering ada di daun, karena bertugas untuk pembentukan zat hijau daun (klorofil). Jangan sampai kalian kekurangan unsur ini, karena menyebabkan daun mudah kering dan bisa langsung mati.
 
Unsur Hara Mikro
Unsur hara mikro adalah unsur yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit. Unsur hara mikro antara lain:
 
1. Ferro atau Besi (Fe)
Unsur Ferro (Fe) dapat memilki peran dalam pembentukan klorofil pada daun dan juga proses pernapasan tanaman. Bila kekurangan unsur (Fe), tanaman akan akan seperti mati dan daun mulai berguguran karena kekurangan klorofil.
 
2. Boron (B)
Unsur Boron berfungsi dalam proses penyaluran karbohidrat dalam tubuh tanaman. Selain itu, unsur ini berperan dalam pembelahan sel pada tanaman biji. Namun bila kekurangan unsurnya daun akaun tumbuh kerdil, dan menajadi layu sehingga akan kering atau mati.
 
3. Mangan (Mn)
Unsur mangan sebanrnya tidak terlalu banyak dibutuhkan dalam tanaman. Tetapi tetap memiliki peran penting yaitu untuk pembentukan dan memperlancar kerja enzim. Jika kekuran unsur ini bisa membuat pertumbuhan menjadi lambat, sehingga daun menjadi kecil.
 
4. Tembaga (Cu)
Fungsi unsur tembaga yaitu membantu meemperlancar proses fotosintesis, hingga reproduksi tanaman. Jika kekurangan unsurnya menyebabkan proses pembungaan terhambat dan mudah layu. Namun, kalau kelebihan unsur ini bisa memperhambat tumbuh akar, percabangan terbatas.
 
5. Zinc atau Seng (Zn)
Unsur zinc bekerja hampir sama dengan unsur Mg dan Mn. Tetapi jika kekurangan unsur ini tanaman tumbuhnya terhambat, hingga daun mengkerut dan rontok.
 
6. Molibdenum (Mo)
Unsur Mo berkerja sebagai pembawa electron dalam mengubah nitrat menjadi enzim. Gejala kekurangan unsur ini yaitu mulai muncul klorosis pada daun yang sudah tua.
 
6. Klor (Cl)
Unsur Klor terlibat dalam mempercepat pengeringan pada tanaman, sepert tembakau, kapas, maupun sayuran. Kekurangan unsur ini menyebbakan pemasakan buah menjadi lambat.

Artikel Trending