Manfaat Khas Temulawak, Tanaman Asli Indonesia

Infarm
19 July 2024
.
Manfaat Khas Temulawak, Tanaman Asli Indonesia
621
.

Penggunaan obat tradisional telah jauh dikenal sebelum adanya kesehatan formal dengan obat modern seperti saat ini. Bahkan obat tradisional masih diakui eksistensi dan manfaatnya sebagai salah satu pilihan dalam mencari pemecahan masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

Salah satu jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai obat tradisional adalah temulawak, yang mempunyai nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza Roxb. Temulawak adalah tanaman herbal yang termasuk ke dalam golongan suku temu-temuan yakni tanaman yang akar dan batangnya menyatu di dalam tanah.

Apa Itu Temulawak

Temulawak adalah tanaman obat-obatan yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberacea). Temulawak banyak ditemukan di hutan-hutan daerah tropis. Temulawak juga berkembang biak di tanah tegalan sekitar pemukiman, terutama pada tanah yang gembur, sehingga buah rimpangnya mudah berkembang menjadi besar.

Baca Juga: Mahkota Dewa, Si Buah Kaya Manfaat

Temulawak (Curcuma zanthorrihiza L.) menjadi primadona tumbuhan obat di Indonesia, karena tanaman ini menjadi komponen penting dalam setiap ramuan obat tradisonal. Umumnya digunakan untuk bumbu dapur dan diolah sebagai tambahan penyedap rasa makanan.

Temulawak tergolong tanaman tahunan yang tumbuh merumpun dengan habitus mencapai ketinggian 2-2,5 meter. Bagian yang dipanen dan sering digunakan yaitu rimpangnya yang berbentuk bulat seperti telur dengan warna kulit rimpang adalah kuning. Daging rimpang ini mempunyai cita rasa pahit, berbau tajam dan keharumannya sedang.

Manfaat Temulawak

khasiat temulawak terutama disebabkan oleh dua kelompok kandungan kimia utamanya, yaitu senyawa terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol. Bagian rimpang induk dan akar temulawak adalah bagian yang paling berkhasiat dan paling banyak mengandung senyawa aktif. Oleh karena itu, bagian inilah yang sering diambil dan dimanfaatkan untuk pengobatan. Jenis tanaman ini mampu mengobati berbagai macam penyakit. Yuk, simak penjelasannya

Baca Juga: Catat !! Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat temulawak yag sangat terkenal adalah sebagai imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyaki. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin dalam temulawak yang bersifat anti-inflamasi, sehingga mampu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Mempunyai imunitas yang kuat, maka tubuh kita akan mudah melawan kuman dan virus penyebab penyakit, sehingga membuat kita akan jarang sakit.

2. Melancarkan Proses Pencernaan

Minuman herbal atau jamu yang terbuat dari temulawak juga cukup dikenal manfaatnya untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan sembelit. Hal ini  disebabkan oleh kandungan serat kurkumin yang tinggi pada temulawak, sehingga sangat efektif untuk meringankan proses perncernaan.

3. Meningkakan Stamina

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam temulawak ini sangat baik untuk meningkatkan stamina tbuh kita. Apalagi jika temulawak dikonsumi bersamaan dengan jahe, hal ini bisa meredakan tubuh dari kelelahan akibat aktivitas fisik yang tinggi. Antioksidan dalam temulawak ini dapat mencegah dan memperlembat kerusakan sel akibat radikal bebas, dimana radikal bebas tersebut lah penurunan stamina dan kebugaran tubuh

4. Menjaga Kesehatan Hati

Berdasarkan hasil beberapa peneliitan, bahwa temulawak bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati dan mencegah peradangan pada hati. Hal ini disebabkan adanya kandungan senyawa kurkumin yang mampu memproteksi organ hati. Manfaat lainnya yaitu dapat menjadi pelindung hati akibat efek obat, serta dapat merangsang cairan empedu. Fungsi inti temulawak dapat memproteksi dalam menjaga kesehatan hati.

5. Mengatasi Jerawat

Temulawak sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi jerawat, karena mengandung senyawa anti bakteri. Selain dapat dikonsumsi, temulawak juga dapat di aplikasikan untuk masker wajah.

6. Menunda Penuan Dini

Proses penuaan akan menimbulkan kulit-kulit yang semakin keriput. Namun dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin dapat menunda penuann dan membuat kalian tetap awet muda. Kandungan minyak atsiri yang tinggi cocok untuk menghalau penuan dini.

Artikel Trending