7 Tanaman Hias yang Tetap Hidup Tanpa Sinar Matahari Langsung

Infarm
19 July 2024
.
7 Tanaman Hias yang Tetap Hidup Tanpa Sinar Matahari Langsung
1133
.

Tanaman hias adalah tanaman yang dibudidayakan untuk keindahan dan kegunaan estetika, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Sebagian besar tanaman hias membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, ada beberapa jenis tanaman hias yang dapat bertahan hidup dengan cahaya yang minim atau bahkan tanpa cahaya matahari langsung.

Baca Juga: 7 Tanaman Pembawa Keberuntungan, Kalian Punya di Rumah?

Jenis Tanaman Hias Tanpa Sinar Matahari

1. Zamioculcas zamiifolia (ZZ Plant)

ZZ plant merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tahan terhadap cahaya minim dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki daun tebal berwarna hijau tua yang berbentuk lonjong. Selain itu, tanaman ZZ bertahan meski dalam kelembapan rendah dan tidak membutuhkan banyak air.

Untuk merawat ZZ plant, letakkan tanaman ini di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung. Perawatannya cukup mudah, hanya dengan menyiramnya setiap minggu sekali. Pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak air agar tanah tidak terlalu lembab, karena hal ini dapat menyebabkan akar membusuk.

2. Sansevieria (Snake Plant)

Sansevieria atau lebih dikenal sebagai snake plant merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh dan sangat tahan terhadap kondisi lingkungan yang kurang ideal. Daun tanaman ini kaku dan tegak dengan garis-garis vertikal yang menarik.

Sansevieria dapat disimpan di dalam atau di luar ruangan tergantung varietasnya. Beberapa jenis Sansevieria cocok ditempatkan di dalam ruangan dengan kondisi minim cahaya, sementara yang lain lebih cocok digunakan di luar ruangan. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air, jadi cukup disiram seminggu atau dua minggu sekali tergantung kondisi lingkungan.  

3. Aglaonema (Chinese Evergreen)

Aglaonema atau Chinese Evergreen merupakan tanaman hias yang sangat populer dan mudah tumbuh. Tanaman ini memiliki daun yang hijau dengan bercak putih atau perak. Aglaonema bisa diletakkan di dalam ruangan dengan pencahayaan minim atau redup.

Dalam merawat Aglaonema, tempatkan tanaman ini di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung. Tanaman ini membutuhkan kelembapan yang cukup, sehingga perlu dilakukan penyiraman secara teratur. Selain itu, pastikan untuk tidak menyiram terlalu banyak air agar tanah tidak terlalu lembab.

4. Dracaena

Dracaena merupakan tanaman hias dengan daun yang memanjang. Tanaman ini sangat tahan terhadap kondisi lingkungan yang kurang ideal, termasuk minim cahaya. Dracaena dapat ditempatkan di dalam ruangan dengan cahaya yang redup atau pada area yang tidak terkena sinar matahari sama sekali. Tanaman ini memiliki banyak variasi jenis dan ukuran, sehingga cocok sebagai tanaman hias pada berbagai ruangan.

Perawatan tanaman dracaena yaitu dengan menyimpan di tempat yang teduh dari matahari langsung. Dracaena membutuhkan air yang sedikit, sehingga penyiraman cukup dilakukan satu atau dua minggu sekali. B`erhati-hatilah untuk tidak menyiram terlalu banyak air, karena tanahnya akan lembab dan akarnya dapat membusuk.

5. Pothos

Pothos adalah genus tanaman merambat dan anggota famili Araceae yang tumbuh subur di iklim tropis. Tanaman hias ini memiliki banyak varietas yang tersebar di berbagai wilayah. Karena sifatnya yang tumbuh cepat dan invasif, tanaman pothos sering disebut sebagai Decil ivy.

Pothos atau Epipremnum aureum merupakan tanaman hias yang tahan terhadap cahaya minim dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki daun yang hijau dengan corak atau bercak kuning atau putih. Pothos dapat dijadikan sebagai tanaman gantung atau ditempatkan di dalam pot. Meski setiap varietas memiliki persyaratan perawatan yang sedikit berbeda, umumnya tanaman pothos memiliki perawatan rendah dan tumbuh subur di sebagian besar wilayah

6. Philodendron

Philodendron termasuk jenis tanaman hias yang sedang tren dan sangat mudah dikembangkan. Ciri khasnya memiliki daun yang hijau gelap dan bentuk yang bervariasi, mulai dari daun panjang ramping hingga daun lebar dan bulat. Tanaman hias ini dapat menambahkan sentuhan hijau di dalam rumah.

Untuk merawat Philodendron, letakkan tanaman ini di tempat yang teduh atau dengan cahaya yang redup. Keunggulan lain dari philodendron yaitu tanaman ini sangat mudah dirawat. Selain itu, tanaman philodendron sangat mudah beradaptasi dengan semua kondisi lingkungan. Jadi, hampir semua orang di berbagai daerah bisa menanam tanaman ini di rumah.

7. Peace Lily

Tanaman peace lily sering dikenal sebagai tanaman lemari. Bentuk tanaman ini sangat cantik, sehingga sering dijadikan salah satu pilihan dekorasi di rumah dan kantor. Tanaman peace liy memiliki daun hijau gelap dan bunga putih yang indah.

Selain mampu mengurangi spora di udarapeace lily juga dapat mengurangi kelembapan udara dengan cara menyerapnya. Bunga ini dapat hidup di tempat yang memiliki kelembapan tinggi.Untuk merawat Peace Lily, letakkan tanaman ini di tempat yang teduh atau dengan cahaya yang redup.

Baca Juga: Penyebab Tanaman Hias Gagal Berbunga dan Tips Merawat Untuk Pemula

Tips Merawat Tanaman Hias Tanpa Sinar Matahari

Salah satu penyebab paling umum kematian tanaman dengan cahaya redup adalah penyiraman berlebihan. Ketika tanaman berada di lingkungan dengan cahaya redup, pertumbuhannya akan melambat dan selanjutnya akan menggunakan air lebih lambat. Anda juga perlu mengurangi frekuensi pemupukan.

Selain itu, jika memindahkan tanaman dari tempat yang sangat cerah ke tempat yang lebih teduh, haris dilakukan secara bertahap. Pendekatan ini dapat membantu mengurangi kemungkinan kerontokan daun. Namun, jika terjadi beberapa daun rontok, tidak perlu dikhawatirkan. Dengan perawatan yang tepat, tanaman hias yang tahan terhadap cahaya minim ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam ruangan.

Dapatkan update artikel pilhan dan sharing tanaman setiap hari dari Infarm.id. Mari bergabung di Grup Komunitas Telegram “Berkebun Bersama Infarm”, caranya  klik link https://t.me/berkebunbersamainfarm, kemudian join. Anda harus install aplikasi telegram terlebih dahulu di ponsel.

Artikel Trending