Mahkota Dewa, Si Buah Kaya Manfaat

Infarm
19 July 2024
.
Mahkota Dewa, Si Buah Kaya Manfaat
934
.

Apakah Sobat Infarm tau peribahasa “Makan buah Simalakama”. Ini bukan hanya sebatas peribahasa loh, ternyata memang ada buah simalakama

Mahkota Dewa atau nama lain buah simalakama merupakan buah asal Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Phaleria macrocarpa ini memiliki bentuk bulat seperti bola pingpong dan berwarna merah maroon (Ketika sudah matang). Mahkota dewa termasuk tanaman perdu. Fisik tanaman ini tidak terlalu tinggi, maksimal tingginya yaitu sekitar 3 meter.

Mahkota dewa termasuk golongan tanaman obat herbal. Tanaman ini mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan adalah buahnya. Namun, buah ini tidak bisa dikonsumsi secara langsung seperti buah lainnya, harus melalui pengolahan terlebih dahulu.

Manfaat Buah Mahkota Dewa

Perkembangan ilmu pengetahuan yang terus meningkat, membuat banyak penemuan terkait dengan khasiat tanaman mahkota dewa. Hampir seluruh bagian mahkota dewa mempunyai mafaat untuk kesehatan. Namun bagian biji buahnya harus dibuang karena mengandung racun aktif yang dapat menyebabkan mabuk, sariawan, hingga pingsan.

Baca Juga: Khasiat Ajaib Buah Kenitu Untuk Kesehatan

Maka dari itu perlu pengolahan yang tepat agar khasiatnya dapat tepat sasaran. Nah apa aja sih manfaat dari buah mahkota dewa dan gimana cara pengolahannya?. Yuk simak penjelasan minfarm

1. Obat Diabetes
Mengkonsumsi buah mahkota dewa dapat memberikan dampak positif bagi penderita diabetes. Mahkota dewa sebaai obat herbal yang banyak mengandung flavonoid, kandungan tersebut dapat menstabilkan insulin dan regenerasi sel pankreas. Senyawa Alkanoid yang ada didalam buah ini juga memberikan peran baik dalam mencegah kadar gula darah.

Cara pengolahannya cukup mudah, Sobat Infarm perlu menyiapkan 4-5 buah mahkota dewa, kemudian iris tipis-tipis dan buang bijinya. Siapkan air mendidih sebanyak 5 gelas, masukkan irisan buah kedalam air yang mendidih tersebut. Setelah terlihat buahnya menyusut hingga setenga berarti air rebusan sudah siap diminum.

2. Mengatasi Nyeri Haid
Siapa nih kaum hawa yang sering ngeluh kesakitan saat masa haid. Pada saat nyeri haid pasti deh rasanya sampai bikin mau nangis. Ternyata ada loh obat herbal yang bisa meredakan nyeri haid kita. Kandungan tinggi antioksidan pada ekstrak buah mahkota dewa yang bersifat antiradang mampu meredakan rasa nyeri saat haid.
 
3. Obat Asam Urat
Bagi sebagian orang tua, pasti ga asing lagi sama penyakit asam urat.  Penyakit ini bisa menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan , hingga rasa panas pada persendian jari tangan, kaki, maupun lutut. Gaya hidup yang kurang sehat, baik dari segi makanan maupun minuman menjadi penyebab asal usul asam urat. 

Apakah sobat infarm tau, kalau memijat saat nyeri asam urat dapat memperparah kondisi. Bukannya sembuh malah bikin kalian sakit parah.

Kandungan flavonoid pada buah mahkota dewa dapat menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Sifat anti inflamasi pada buanhya juga dapat mengobati pembengkakan saat asam urat. Cara pengaplikasiannya adalah dapat meminum air rebusan buah mahkota dewa atau bisa juga dijadikan jamu.

4. Menigkatkan Daya Tahan Tubuh
Sistem daya tahan tubuh yang baik sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh kita dari serangan penyakit maupun virus. Apabila daya tubuh kalian baik, maka tubuh kalian akan sehat. Namun sebaliknya, bila daya tubuh kita rendah tubuh akan mudah terserang penyakita dan virus.

Selain pola hidup yang sehat, dengan mengkonsumsi buah mahkota dewa dapat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan daya tubuh. Kandungan saponin dalam buahnya dapat berperan aktif sebagai anti bakteri atau virus, sehingga membuat tubuh menjadi bugar setiao saat.

Walaupun mempunyai kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh manusia, mahkota dewa juga dampak negatif bila dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu tidak disarankan bagi ibu menyusui dan hamil untuk mengkonsumsi ini secara berlebihan.

Mari rawat tubuh kita dengan menggunakan obat-obatan herbal. Memastikan kemurnian dari alam untuk kepastian kesehatan bersama.

Artikel Trending