Khasiat Ajaib Buah Kenitu Untuk Kesehatan

Infarm
19 July 2024
.
Khasiat Ajaib Buah Kenitu Untuk Kesehatan
985
.

Buah kenitu atau sering disebut juga manecu merupakan tanaman yang banyak dijumpai karena mempunyai buah yang dapat dikonsumsi. Keberadaan kenitu banyak dijumpai di Indonesia, khususnya pulau jawa.

Buah ini termasuk salah-satu buah yang berasal dari suku sawo-sawoan, bahkan sebagian orang menyebutnya sawo hijau. Buah ini sebenanya mudah ditemukan pada pasar tradisional, tapi akan sulit ditemui pada supermarket modern.

Tanaman kenitu dapat tumbuh tegak dengan ketinggian 8 sampai 30 meter. Sedangkan buah kenitu memiliki bentuk yang bulat dan lonjong dengan diameter 5-10 cm. kulit buahnya tebal, serta teksturnya licin dan mengkilap. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur lembut seperti selai dan rasanya manis. Daging buahnya juga sedikit bergetah karena mengandung lateks.

Khasiat Buah Kenitu

Kenitu memiliki berbagai macam kandungan nutrisi penting yang menyehatkan tubuh, mulai dari vitamin, karbohidart, protein, dan mineral. Buah yang boleh dibilang langka ini mengandung berbagai asam amino (Triptofan, Metionin, Lisin) dan fenol.

Baca Juga: Buah Sukun, Alternatif Pangan Lokal

Minfarm bakal spill khasiat ajaib dari buah kenitu, yuk simak penjelasannya

1. Sumber antioksidan
Kenitu termasuk golongan buah yang memiliki antioksidan sangat tinggi. Sifat antioksidan ini didapatkan dari kadungan vitamin c yang tinggi dan polifenol. Kandungan tersebut memberikan sifat antioksidan bagi tubuh manusia dan bisa menjadi tameng dari serangan penyakit.
 
2. Menurunkan berat badan
Buah kenitu memilik kandungan serat yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Buah ini juga bisa digunakan menu pengganti gula, sehingga coock untuk dijadikan bahan diet. Kandungan fruktosa dalam buah kenitu memberikan kadar gula yan cukup bagi tubuh kita.
 
3. Menjaga Kesehatan Tulang
Kalsium merupakan zat yang berperan dalam menguatkan dan menjaga kesehatan tulang. Selain itu kandungan fosfor juga berguna untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Kedua zat tersebut sama berkolanorasi dalam memperkuat tulang kita. Baik kalsium dan fosfor dapat ditemukan dalam buah kenitu, walaupun kandungannya tidak sebanyak susu. Dengan mengkonsumsi buah kenitu kita bisa mencegah osteoporosis maupun nyeri pada tulang.
 
4. Menjaga kadar gula darah
Buah kenitu dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk pencegahan diabetes. Hal ini dikarenakan buah kenitu mengandung senyawa bioaktif seperti, alkaloid, flavonoid, polifenol, triterpenoid, dan steroid. Kandungan tersebut dapat menghambat enzim glucosidase, sehingga mengkonsumsi ini dapat menjaga kadar gula darah kita.

Setelah lihat penjelasan minfarm, jangan lupa cicipin buah kenitu ini yaa. Manfaat yang akan kalian dapatkan  banyak banget.

Artikel Trending