Jangan Dibuang, Ini Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Nasi Basi

Infarm
05 February 2023
.
Jangan Dibuang, Ini Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Nasi Basi
63
.

Agar tanaman tumbuh subur, jangan hanya bergantung pada media tanam, pemilihan bibit, dan penyiramannya, tapi juga pemberian nutrisi yang tepat. Nutrisi tanaman ini bisa didapatkan melalui bahan-bahan organik yang ada di sekitarmu, salah satunya nasi basi.

Dalam aktivitas kehidupan sehari-hari rumah tangga pasti menghasilkan sisa nasi. Sampah nasi tersebut sering kali dibuang begitu saja tanpa dimanfaatkan lagi. Padahal nasi dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan untuk membuat pupuk organik cair.

Baca Juga: Pestisida Nabati, Solusi Alami Mengusir Hama dan Penyakit Pada Tanaman

Mengapa Nasi Basi Bermanfaat?

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman dipengaruhi oleh tanah sebagai media tanam dan pupuk. Pupuk organik merupakan sumber nutrisi bagi tanaman yang aman bagi lingkungan  Salah satu bahan organic yang bisa dimanfaatkan yaitu nasi basi. Nasi basi dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair yang menghasilkan mikroorganisme lokal (MOL).

Mikroorganisme lokal (MOL) nasi basi tersebut bermanfaat sebagai pengurai bahan organik di dalam tanah dan pemacu pertumbuhan tanaman. Adapaun bahan utama pembuatan MOL terdiri dari karbohidrat, glukosa, dan sumber mikroorganisme.

Cara Membuat POC Nasi

Setiap harinya, dipastikan ada nasi yang tersisa dan tidak dikonsumsi lagi yang akan menjadi nasi basi. Pasti kalian sering membuang begitu saja sisa nasi tersebut, padahal dapat kita olah lagi untuk makanan tanaman.

Cara pembuaatn POC dari nasi basi cukup mudah dengan alat dan bahan yang sederhana. Alat bahan yang perlu kalian siapkan diantaranya

  • Nasi basi
  • Gula pasir
  • Air
  • Wadah berukuran sedang
  • Botol

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat POC nasi basi yaitu pertama membuat bola-bola nasi basi, letakkan dalam wadah yang tertutup rapat selama 3 hari. Jauhkan dari matahari agar nasi tidak kering. Setelah nasi sudah berubah warna jadi kekuningan dan ditumbuhi jamur, selanjutnya pindahkan ke media botol.

Nasi basi yang sudah berjamur, ditambahkan gula dengan perbandingan 1 liter air dan 5 sendok makan gula pasir. Kemudian aduk rata dan tutup rapat botol. Gula ini berfungsi sebagai makanan untuk perkembangan mikroorganisme pada nasi, sedangkan nasi basi sebagai starter pupuk cair.

Pada proses fermentasi ini sesekali botol dikocok agar nasi dan gula tercampur. Saat botol dikocok, pastikan tertutup rapat dan dibuka sebentar untuk mngeluarkna gas dan tekanan hasil hasil fermentasi. Proses ini berlangsung selama 5 hari atau sudah muncul bau tak sedap. Selanjutnya, saring dan masukkan ke dalam botol. Pupuk organik cair nasi basi sudah siap digunakan.

Apakah POC Bisa Menyuburkan Tanaman?

Pupuk oraganik cair merupakan hasil dari pembusukan bahan oraganik mulai dari sisa-sisa makhluk hidup, endapan tumbuhan, yang kandungan lebih dari satu komponen. Keuntungan dari pupuk organik yaitu bisa mengatasi kekurangan hara dengan cepat, tidak berisiko dalam pencucian unsur hara, serta bisa menyediakan hara dengan cepat.

Jika dibandingkan dengan pupuk anorganik, pupuk cair organik pada umumnya tidak merusak tanah serta tanaman meskipun telah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, pupuk ini pula mempunyai bahan pengikat sehingga susunan pupuk yang diaplikasikan pada permukaan tanah bisa langsung dipakai oleh tanaman.

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Cara penggunaan Pupuk NPK Agar Tanaman Tumbuh

Manfaat Penggunan POC Untuk Tanaman

Manfaat penggunaan pupuk organik cair sebagai nutrisi tanaman yaitu mendukung budidaya tamanan yang ramah lingkungan, dapat mengatasi permasalahan pencemaran limbah rumah tangga dan limbah pertanian yang biasanya menggunakan pupuk kimia, pembuatan serta aplikasinya mudah dilakukan, memperkaya keberagaman biota tanah dan dapat memperbaiki kualitas tanah dan tanaman.

Tapi sayang, pupuk organik cair nasi basi ini tak bisa dijadikan sebagai pupuk utama. Anda tetap memerlukan pupuk lainnya sebagai pupuk utama. Kalian juga bisa menggunakan pupuk organic cair dari infarm yang sudah terbukti dapat menyuburkan segala jenis tanaman.

Baca Juga