Catat !! Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Infarm
19 July 2024
.
Catat !! Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh
585
.

Walaupun punya rasa pahit, tapi apakah kalian tau kalau daun pepaya punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita ?

Pepaya (Carica Papaya) sebagai tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia mempunyai khasiat yang tidak bisa di anggap sebelah mata. Bukan saja dari buahnya yang manis, daun pepaya yang rasanya pahit pun dapat diolah dan dikonsumsi sebagai makanan yang lezat dan bergizi tinggi.

Selain sebagai makanan, daun pepaya begitu kaya akan manfaat dan khasiat yang luar biasa. Hal ini menjadikan daun pepaya sering dimanfaatkan sebagai jamu tradisional.

Cara mengonsumsi daun pepaya beragam, mulai dari jus hingga olahan makanan seperti tumis. Namun, perlu diketahui bahwa tulang daun pepaya mengandung getah yang menambah rasa pahit. Maka dari itu, sebisa mungkin tidak meremas bagian daun terlalu kuat. Selain itu, pilih juga daun pepaya muda yang memiliki rasa pahit lebih rendah. Daun muda ini biasanya berada dibagian paling atas pohon.

Kandungan Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang begitu melimpah dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, tidak mengherankan jika daun pepaya banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan daun pepaya diantaranya:

  • Vitamin A (IU) 18, 250  per 100 gram
  • Vitamin B1 (mg) 0,15 per 100 gram,
  • Vitamin C (mg) 140 miligram per 100 gram 
  • Energi (kkal) 79 per 100 gram,
  • Protein (g) 8,0  per 100 gram,
  • Lemak (g) 2,0  per 100 gram, 
  • karbohidrat (g) 11,9 per 100 gram,
  • Kalsium (mg) 353 per 100 gram,
  • Fosfor (mg) 63 per 100 gram
  • zat besi (mg) 1 per 10 gram

Manfaat Daun Pepaya

walaupun terkenal dengan rasanya yang pahit, tetapi kandungan posotifnya sangat bermanfat buat kesehatan tubuh kita. Daun pepaya mengandung senyawa baik dalam mengatasi dan mencegah penyakit. Adapun manfaat daun pepaya untuk pengobatan penyakit, antara lain:

Baca Juga: Manfaat Menakjubkan Kacang Macadamia

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.
 
2. Melancarkan Proses Pencernaan
Daun pepaya mengandung enzim papain yang membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan. Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala masalah pencernaan, seperti perut kembung. Papain terkenal karena kemampuannya untuk memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna.
 
3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri
Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasite, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker.
 
4. Pencegahan Demam Berdarah
Daun pepaya bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Sebab, penyakit demam berdarah menjadikan trombosit dalam darah berkurang. Penurunan kadar trombosit meningkatkan resiko perdarahan dan berpotensi fatal jika tak diobati. Walaupun belum ada obat khusus untuk demam berdarah, namun penecegahan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi daun papaya.
 
5. Menurunkan Kadar Gula Darah
Pepaya sering digunakan sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah, hal ini karena kemampuan daun pepaya dalam melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan risiko kematian dini.

Itulah pembahasan mengenai manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh kita. Meski manfaatnya banyak, penting untuk tetap mengutamakan konsultasi medis jika mengalami masalah kesehatan

Artikel Trending