Cara Menanam Kencur di Polybag Agar Tumbuh Subur

Infarm
19 July 2024
.
Cara Menanam Kencur di Polybag Agar Tumbuh Subur
1123
.

Indonesia mempunyai banyak sekali rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, rempah-rempah tersebut juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, misalnya menghangatkan, dan memperkuat daya tahan tubuh. Salah satu jenis rempah yang memiliki manfaat baik untuk tubuh adalah kencur.

Kecur memang terbilang sangat mudah untuk ditanam. Tanaman Kencur dapat tumbuh di berbagai kondisi lahan, bahkan di bawah tegakan pohon. Hal ini dapat memaksimalkan potensi lahan yang kalian punya.

Baca Juga: Wajib Catat, 7 Tips Menanam Tanaman Bagi Pemula

Waktu Terbaik Menanam Kencur

Waktu yang tepat untuk menanam kencur adalah saat musim penghujan. Hal ini dikarenakan kandungan air pada tanah ketika musim hujan akan cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman kencur.

Namun, tetap tidak disarankan untuk menanam dalam kondisi kelembapan yang tinggi, karena bisa mengakibatkan rimpang kencur mudah membusuk. Musimm hujan biasanya dating sekitar bulan oktober hingga maret. Pada waktu inilah, masa terbaik untuk menanam kencur.

Baca Juga: Cara Menanam Kentang di Dataran Rendah, Agar Tumbuh Subur

Cara Menanam Kencur

Cara menanam yang baik sangat menentukan hasil yang akan didapat. Meskipun bahan tanaman (benih) yang digunakan merupakan varietas unggul yang berpotensi produksi tinggi, apabila tidak didukung dengan teknik budidaya yang baik maka tidak akan didapat hasil yang optimal.

Berikut cara menanam kencur di polybag, yang dapat dilakukan di halaman rumah kalian

1. Persiapan Rimpang kencur
Langkah awal sebelum menanam kencur yaitu memilih bibit kencur yang berkualitas. Bibit kencur yang baik berasal dari rimpang yang sudah tua dan masih terlihat sega. Rimpang yang sudah tua mempunyai ciri yaitu sudah berumur sekitar 10 sampai 12 bulan dan sudah mempunyai calon tunas.
 
Cara mendapatkan rimpang kencur yang siap tanam, letakkan bibit tersebut pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara lansung selama 1-2 minggu sampai muncul tunas.
 
2. Persiapan media Tanam
Penanaman kencur dapat menggunakan beberapa wadah media tanam, seperti polybag, pot atau langsung pada tanah halaman rumah. Penanaman ini dapat disesuaikan dengan lahan dan lokasi kalian. jika menggunakan polybag, pilih yang memiliki diameter 25 cm.
 
Komposisi media tanam yaitu berupa campuran tanah, kompos, dan sekam bakar dengan perbandingan 3:2:1 secara berurutan. Sesudah diisi media tanam, selanjutnya letakkan dalam polybag yang telah disiapkan.
 
3. Proses Menanam
Penanaman kencur dapat dilakukan dengan membuat lubang terlebih dahulu pada media tanam dengan kedalaman sekitar 5 sampai 7 cm atau disesuaikan dengan panjang rimpang bibit kencur. Dalam satu media tanam, tanami dengan satu atau dua rimpang bibit kencur yang sudah bertunas. Posisikan bagian tunas menghadap ke atas. Jika menanam pada lahan langsung dapat menggunakan jarak tanam 15 cm antar rimpang kencur.
 
4. Perawatan Tanaman
Perawatan tanaman kencur tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya, yaitu dengan cara penyiraman secara rutin, yakni dua kali sehari pada pagi dan sore hari. perawatan ini berguna agar tanaman kencur agar tidak terserang gulma dan penyakit, yang bisa menyebabkan kencur turun produktivitasnya hingga menyebabkan kematian.
 
Agar tanaman kencur dapat tumbuh subur, harus juga diberikan pupuk. Untuk pemupukan kalian bisa menggunakan pupuk organic sayuran dari Infarm. Kandungan yang lengkap didalam pupuk tersebut, juga bisa digunakan untuk tanaman umbi seperti kencur ini. Pengaplikasiannya cukup rutin kocor setiap minggu saja.
 
Apabila ada gulma yang tumbuh di sekitat tanaman, maka segera cabut dan bersihkan. Hama yang sering menyerang tanaman kencur yaitu ulat daun. Untuk menangani hama tersebut bisa dikendalikan secara manual, yaitu dengan mengambil bagian yang terserang hama ulat daun dan kemudian hama tersebut dimatikan.
 
5. Panen
Kencur sudah bisa dipanen ketika sudah berumur sekitar tujuh hingga sembilan bulan, bisa juga menyesuaikan kondisi tanaman dan kebutuhannya. Selain rimpangnya, kalian juga dapat memanen anakan mudanya, karena dapat dimanfaatkan untuk lalapan.  
 
Cara memanen kencur adalah dengan mencabut tanaman kencur menggunakan pisau untuk mencungkil tunas muda yang dipanen lebih awal untuk lalapan. Pemanenan sebaiknya dilakukan sesegera mungkin, jika dibiarkan hingga bertahun-tahun akan menyebabkan rimpang tanaman kencur semakin menyusut dan kecil ukurannya.

Artikel Trending