Buah Sukun, Alternatif Pangan Lokal

Infarm
19 July 2024
.
Buah Sukun, Alternatif Pangan Lokal
682
.

Sukun merupakan salah satu tanaman dari keluarga Moraceae. Tanaman sukun termasuk golongan tanaman tahunan. Pohon sukun merupakan tanaman tropis yang mudah tumbuh di seluruh wilayah Indonesia.

Tanaman sukun sudah lama dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Bagi sebagian orang buah sukun telah diolah menjadi makanaan pokok tradisional, tetapi umumnya masyarakat lebih sering mengolah menjadi makanan ringan dan sayuran.

Sukun tergolong tanaman tropik sejati dan dapat tumbuh paling baik di dataran rendah yang panas. Tanaman ini bisa tumbuh di daerah basah, bahkan juga  tumbuh di daerah yang sangat kering asalkan ada ketersedian air yang cukup.

Kandungan Gizi Buah Sukun

Sebagai salah satu alternatif pangan local, sukun mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Buah sukun mengandung berbagai jenis zat gizi utama yaitu karbohidrat 25 %, protein 1,5 % dan lemak 0,3 % dari berat buah sukun.

Selain itu buah sukun juga banyak mengandung unsur-unsur mineral serta vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Unsur-unsur mineral yang terkandung dalam buah sukun antara lain adalah Kalsium (Ca), Fosfor (P) dan Zat besi (Fe), sedangkan vitamin yang menonjol antara lain adalah vitamin B1, B2 dan vitamin C.

Manfaat Buah Sukun

Pemanfaatan buah sukun sangat menguntungkan karena mengandung zat gizi yang tinggi sebagai sumber energi (kalori) juga mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan. Buah sukun sangat cocok untuk dijadikan bahan pangan, karena mengandung karbohidrat yang melimpah.

Buah ini juga memiliki kadar lemak yang rendah, bebas dari kolesterol dan tidak mengandung gluten. Nutrisi dan senyawa tanaman yang terkandung dalam buah sukun menawarkan banyak manfaat kesehatan potensial.

Baca Juga: Ashitaba, Tanaman Bikin Panjang Umur

Minfarm bakal tunjukin manfaat buah sukun yang jarang diketahui:

1. Cocok Untuk Menu Diet
Buah sukun merupakan bahan pangan ideal bagi yang sedang menjalankan progam diet. Hal ini karena sukun tidak mengandung gluten, dan juga lebih sedikit mengandung kalori. Indeks glikemik yang rendah serta memiliki protein dan nutrisi lengkap. Buah sukun mempunyai serat yang tinggi, serat tersebut dapat membantu lemak bandel dalam tubuh. 
 
2. Menurunlkan Kolesterol
Buah ini mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga setelah mengkonsumsi akan merasa kenyang tanpa menambah asupan kalori. Kandungan serat tersebut dapat menurunkan kolesterol darah dengan cara menyerap kolesterol dari dalam sistem pencenaan.
 
3. Melancarkan Sistem Perncernaan
Konsumsi buah sukun secara teratur dapat membantu pergerakan dalam usus. Kandungan serat yang tinggi dapat memperlancar peneluaran kotoran atau tinja dalam usus, hal ini juga membantu mengeluarkan racun yang terdapat dalam usus.

Artikel Trending