Seberapa Penting NPK Dalam Kehidupan Tanaman?

Infarm
19 July 2024
.
Seberapa Penting NPK Dalam Kehidupan Tanaman?
1113
.

Dalam melakukan sebuah penanaman pasti kita mengharapkan pertumbuhan yang baik dan sehat. Tujuan utamanya adalah menghasilkan panen yang melimpah. Ketika proses pertumbuhan maka tanaman memerlukan tanah dan pupuk yang berkualitas. Pupuk berguna dalam mengganti nutrisi penting yang telah dikeluarkan oleh tanah, sehingga mampu mendongkrak produktivitas tanaman.

Pupuk sebagai penyedia unusr hara merupakan sarana produksi yang memegang peranan penting dalam meninkatkan produkstivitas tanaman. Penggunaan pupuk yang tepat menjadi salah satu cara untuk menghasilkan tanaman yang sehat. Banyak pupuk anorganik yang dapat digunakan untuk peningkatan hasil tanaman, salah satunya yaitu pupuk NPK.

Pupuk NPK Mutiara merupakan pupuk majemuk yang mengandung sebagian dari unsur makro yaitu unsur N, P dan K serta unsur mikro yaitu Mg dan C. Pupuk NPK Mutiara mengandung 16% N (nitrogen), 16% P2O5 (phospate), 16% K2O (kalium), 0.5% MgO (magnesium), dan 6% CaO (kalsium). Pupuk ini dikenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16.

Unsur hara N, P, dan K merupakan hara makro yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak. Kandungan yang ada didalamnya memiliki segudang manfaat bagi tanaman. Pasti kalian pingin tau kan apa aja peran NPK dalam tanaman.

Baca Juga: Pentingnya Unsur Hara Bagi Tanaman

Minfarm bakal jelasin manfaat apa saja yang ada didalam pupuk NPK, yuk simak penjelasannya

1. Nitrogen
Nitrogen merupakan suatu unsur hara yang paling banyak mendapat perhatian dalam hubungannya dengan pertumbuhan tanaman. Manfaat Nitrogen antara lain
a. Sebagai Pembentuk Zat Hijau Daun (Klorofil)
Pemberian nitrogen pada tanaman mempunyai peran aktif sebagai pembentuk warna hijau pada daun. Unsur ini sangat penting dalam proses fotosintesis tanaman
b. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman
Pemberian unsur nitrogen dapat membantu pertumbuhan vegetative diantaranya batan, daun, tinggi tanaman, jumlah anakan, dan bagian vegetative lainnya.
c. Meningkatkan Kandungan Protein Pada Hasil Panen
Unsur nitrogen menjadi komponen penting asam amino dalam pembentukan protein. Komponen ini berfungsi untuk menjaga tanaman agar tetap seha
 
2. Phosphor
Phosphor termasuk unsur makro yang penting dalam pertumbuhan dan produktivitas. Unsur ini berfungsi untuk penyimpanan dan penyaluran energy dalam kegiatan metabolisme tanaman. Manfaat phosphor antara lain:
a. Pembentukan Sistem Perakaran
Penggunaan unsur ini sangat berguna dalam pembentuka akar yang baik. Ketika kondisi perakaran baik, maka penyerapan unsur hara akan lebih maksimal
b. Memacu Pembentukan Buah dan Bunga
Unsur ini sangat cocok digunakan untuk meningkatkan proses pembungaan. Selain itu sangat berperan positif dalam mempercepat pematangan buah, sehingga panen akan lebih cepat.
c. Menguatkan Batang
Unsur P bukan hanya berperan dalam system perakaran, tapi juga bisa  dalam menguatan batang tanaman agar tetap kuat dan kokoh.
 
3. Kalium
Kalium merupakan unsur hara penting ketiga setelah N dan P, Unsur ini memiliki peran diantaranya
a. Memperkuat Daya Tahan Tanaman
Unsur kalium sangat berguna dalam pembentukan daya tahan tanaman agar tidak mudah terserang penyakit. Unsur ini juga berperan aktif dalam menjaga kestabilan tanaman terhadap perubahan cuaca
b. Aktivator Enzim
Kalium sangat berguna untuk mengaktifkan beberapa enzim yang berguna bagi tanaman, seperti asetik thiokinase, pirivat kinase, glutamilsistein sinterase, formil, dan lain sebagainya.
c. Membantu Pemindahan Karbohidrat
Manfaat kalium sangat berguna dalam pemindahan kebutuhan karbohidart dalam tanaman. Unsur ini sangat cocok untuk tanaman jenis umbi-umbian

Artikel Trending