Sorgum, Solusi Pangan Masa Depan

Infarm
19 July 2024
.
Sorgum,  Solusi Pangan Masa Depan
854
.

Akhir-akhir ini dunia dihadakan pada permasalahan serius berupa keterbatasan supply pangan dan permintaan yang terus meningkat. Hal ini mengakibatkan harga bahan pangan terus naik secara tajam. Dibandingkan sebelumnya.

Perubahan iklim global berpotensi mempengaruhi produksi hasil pertanian. Hal ini akan sangat berdampak pada kebutuhan pangan dunia. Berbagai strategi dan terobosan telah banyak diciptakan. Salah satunya tanaman sorgum, sebagai pengganti tanaman pangan.

Baca Juga: Buah Sukun, Alternatif Pangan Lokal

Apa Itu Tanaman Sorgum

Sorgum merupakan salah satu jenis tanaman serrelia yang berpontensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Sorgum dapat dimanfaatkan sebagian bahan pangan, pakan, hingga bio energi Tanaman ini cukup toleran untuk dikembangkan pada area kering air ataupun tanah kritis.

Sorgum di Indonesia mempunyai nama ilmiah Sorgum Bicolor Moench dan dapat dikembangkan mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi sekitar 700 mdpl.

Tanaman sorgum telah lama dikenal di Indonesia, tiap daerahnya nama penyebutanya berbeda-beda. Sorgum tidak memerlukan teknologi atau perawatam khusus dalam penanamannya. Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, sebaiknya sorgum ditanam saat musim kemarau karena tanaman ini perlu penyinaran matahari yang penuh.

Sorgum merupakan tanaman yang memiliki sifat tahan kekeringan, tahan terhadap kadar garam tinggi, dan daya adaptasi pertumbuhan yang baik. Tanaman ini juga lebih toleran terhadap serangan hama dan penyakit.

Pemanfaatan sorgum sebetulnya tidak hanya terbatas sebagai bahan diversifikasi pangan, ransum pakan ternak, dan sebagai sumber karbohidrat. Sorgum memiliki kandungan serat pangan dengan jumlah yang sangat tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghindari beberapa penyakit.

Sorgum menjadi bahan alternatif pengganti karbohidrat, bahkan kandungan karbohidratnya melebihi tanaman gandum. Gizi yang terkandung dalam sorgum sangat kompleks bagi tubuh manusia. Bahkan kandungan karbohidratnya bisa dijadikan bioethanol untuk bahan bakar.

Baca Juga: Jeruk Nagami, Buah yang Bisa Dimakan Sama Kulitnya

Manfaat Bagian Tanaman Sorgum

Sebenarnya keseuruhan tanaman sorgum bermanfaat dalam kehidupan kita. Apa aja seh manfaatnya, yuk simak penjelasan minfarm.

1. Daun

Daun sorgum dilapisi oleh sejenis lilni yang agak tebal dan berwarna putih. Tujuan lilin tersebut adalah untuk mengatur penguapan air dalam tubuh tanaman. Manfaat daun sorgum sendiri yaitu biasa digunakan untuk menjadi pakan ternak. Bahkan tangkai daunnya bisa dijadikan barang kerajinan tangan atau sapu.

2. Batang

Batang sorgum mempunyai tinggi yang berkisar 2,5 meter. Batang ini meyimpan kandungan bioethanol yang melimpah. Banyak orang memanfaatkan batang sorgum untuk bahan pembuatan kertas, bahkan batang mudanya bisa dijadikan sirup karena memiliki rasa yang manis.

3. Akar

Sebagian besar orang biasanya meremehkan bagian akar pada suatu tanaman. Namun untuk akar tanaman sorgum jangan dianggap sebelah mata. Akar tanaman ini bisa dijadikan sebagai jamu, hal tersebut dipercaya karena kandungan akar sorgum bisa memperlancar system peredaran darah.

4. Biji

Biji sorgum umumnya berbentuk bulat lonjong atau seperti telur. Sebenarnya potensi terbesar sorgum berada pada bijinya. Kandungan giji dalam biji sorgum sangatlah banyak dan bermanfaat bagi manusia. Biji sorgum mempunyai kualitas nutrisi yang sebanding dengan jagung dan beras. Kandungan protein sorgum sedikit lebih tinggi daripada jagung, sedangkan kadar lemaknya lebih rendah. Hal yang menarik adalah kandungan serat yang melimpah dan gluten rendah, memang sorgum memiliki karbohidart yang tinggi dan bisa menjadi alternative penganti tanaman gandum.

Tanaman sorgum punya potensi penting sebagai sumber karbohidrat bahan pangan, pakan, dan komoditas ekspor. Potensi tersebut harus bisa dimaksimalkan secara baik bagi kita semua, sehingga mampu menjadi cara untuk mensejahterakan masyarakat. Apakah kalian siap untuk menanam sorgum.

Artikel Trending