Jurus Menghindari Tanaman Dari Serangan Virus Gemini

Infarm
06 February 2023
.
Jurus Menghindari Tanaman Dari Serangan Virus Gemini
147
.

Siapa sih yang ga bingung kalau tanaman kita terserang penyakit. Sobat Infarm pasti pernah merasakan, ketika tanaman terserang penyakit tapi gatau penyebabnya apa.

Buat sobat infarm yang punya tanaman cabai, pasti resah kalau daun tanamannya berubah jadi warna kuning. Perubahan warna ini bukan karena di cat, tapi terkena serangan penyakit atau virus.

Serangan penyakit kuning pasti sangat merugikan, karena tanaman cabai yang diharapkan dapat tumbuh dan berbuah maksimal justru terhambat karena terkena penyakit ini. Maka dari itu kalian perlu melakukan pengendalian agar tanaman cabai terhindar dari serangan ini.

Penyakit kuning atau virus gemini sudah menjadi penyakit utama dalam tanaman cabai di Indonesia. Penyakit ini ditularkan oleh hama kutu kebul. Perlu kalian tau, bahwa kutu kebul dewasa sudah mengandung virus, dan proses penularannya ketika hama tersebut menghisap daun cabai.

Ternyata satu hama kutu kebul sudah cukup untuk menyebarkan virus gemini. Apalagi virus ini dapat melakukan penyebaran secara cepat dan menular secara luas, karena sifat kutu kebul yang bisa makan pada semua tanaman. Tidak mengherankan lagi banyak tanaman menjadi tempat inangnya, seperti kedelai, tomat, tembakau, terung, dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Hama Thrips Dan Cara Pengendaliannya Pada Tanaman Cabai

Apa ciri tanaman cabai kamu terserang virus gemini?

Cara mudah untuk mengetahui tanaman terserang virus gemini adalah dengan melihat warna daun, jika terserang maka warna daun akan berubah menjadi kuning terang. Daun yang terserang juga akan mengkerut ke atas seperti sebuah sendok, kemudian tanaman menjadi kerdil, dan tentunya tidak muncul buah.

Sampai saat ini virus gemini masih belum ada obatnya. Tanaman yang sudah terserang penyakit ini susah untuk diatasi, tapi sobat Infarm bisa melakukan pencegahan dengan beberapa cara, seperti ini

  1. Melakukan penyemaian benih dengan benar. Pada saat proses penyemaian sebaiknya dilindungi dengan penutup plastik yang rapat untuk menghindari serangan kutu kebul. Namun jika saat pembibitan ada yang terserang segera dilakukan penyulaman dengan bibit lain
  2. Mempersiapkan media tanam yang tepat. Media tanam akan mempengaruhi proses pertumbuhan. Pastikan Sobat Infarm gunakan media tanam atau tanah yang bagus dan terbebas dari hama atau penyakit
  3. Melakukan sanitasi lingkungan. Jaga lingkungan sekitar tanaman cabai termasuk gulma sejak awal pertumbuhan
  4. Memasang perangkap kutu kebul. Pasang perangkap kuning likat saat tanaman masih muda
  5. Perlu memperhatikan jarak tanam agar tidak terlalu rapat
  6. Pengendalian menggunakan insektisida organik atau kimia. Untuk penggunaan isektisida kimia, disarankan untuk dilaksanakan secara bijaksana. Hal ini untuk menjaga lingkungan agar tidak terlalu banyak terkontaminasi dengan zat kimia

Cara yang udah MinFarm kasih bisa langsung kalian terapkan. Pastikan sobat infarm melakukan langkah-langka secara tepat ya, agar tanamanmu jadi lebih cantik dan subur.

Baca Juga